Mematikan Komputer Lewat Jaringan LAN

Apakah anda sering mendengar dengan Lan bisa memtaikan komputer??

Cara mematikan komputer lewat jaringan LAN ini sebelumnya pernah saya tulis dalam artikel yang berjudul "Cara Mematikan Komputer Jarak Jauh" Dalam artikel tersebut yang kita butuhkan adalah password administrator komputer target dan firewall komputer target dalam keadaan off, sedangkan untuk instruksi shutdown-nya sendiri kita eksekusi lewat perintah dalam command prompt.

Dalam artikel ini, kembali saya akan berbagi tips tentang cara mematikan komputer lewat jaringan LAN kali ini dengan menggunakan bantuan software remote shutdown yaitu LanShutDown dan RemotePS.

Mematikan Komputer Lewat Jaringan menggunakan RemotePS

RemotePS merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh administrator  jaringan untuk mematikan komputer secara remote (dari jarak jauh). Dalam paket aplikasinya terdapat 2 buah file yaitu RPSServer dan RPSClient. RemotePS compatible dengan semua versi Windows.


mematikan komputer lewat LAN

Berikut langkah setup RemotePS untuk mematikan komputer lewat jaringan:

  1. Download dulu aplikasi RemotePS disini
  2. Install RPSSERVER.EXE pada komputer yang akan di-shutdown secara remote
  3. Catat IP Address komputer tersebut, caranya bisa dengan mengetikan perintah: ipconfig menggunakan command prompt pada komputer tersebut.
  4. Install RPSCLIENT.EXE pada komputer yang akan kita gunakan untuk me-remote komputer lain.
  5. Pada jendela RPS Client masukan IP Address komputer target, kemudian klik Connect.
  6. Apabila statusnya sudah connected, maka kita tinggal menekan tombol Shutdown remote untuk mematikan komputer target tersebut.
 Mematikan Komputer Lewat Jaringan menggunakan LANShutDown

Apabila kita akan mematikan lebih dari satu komputer secara remote, maka Anda perlu mencoba untuk menggunakan software LANShutDown. LANShutDown memiliki kelebihan yaitu bisa menampilkan sejumlah IP Komputer target dalan jendela utamanya dan memiliki beberapa fitur tambahan seperti remote logoff dan menampilkan pesan sebelum shutdown. Tetapi sayang aplikasi LANShutDown hanya bisa bekerja pada komputer dengan sistem operasi Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003.

LANShutDown

Untuk menggunakan aplikasi LANShutDown ini kita harus mempunyai hak sebagai Administrator pada komputer target agar dapat mematikan (mengontrol) komputer tersebut. Untuk memasukan username dan password Administrator komputer target, klik tombol Action - Options - Authorization.

Apabila Anda tertarik mencoba LANShutDown untuk mematikan komputer lewat jaringan, Anda dapat mendownload aplikasinya disini.
Terima kasih atas kungjungan nya... dan jangan lupa untuk komentar nya...!!


0 komentar to "Mematikan Komputer Lewat Jaringan LAN"

About This Blog

Auto Backlink

My Blogs

Blog Archive

Followers

Web hosting for webmasters